Sabtu, 03 Desember 2011

Mengembangkan Peluang Bisnis Aksesori dan Busana Muslim

Di toko-toko bahkan di mall yang penjualannya berkaitan dengan busana, fashion atau penampilan, kita banyak pula melihat bisnis penjualan aksesori penampilan atau pakaian. Bisnis aksesori punya pasar yang sangat besar karena hampir semua orang memakai aksesori agar dapat tampil lebih menarik dan percaya diri. Jadi bisa dipastikan bahwa bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus. Hanya saja karena banyak pemain yang memiliki bisnis ini maka diperlukan usaha yang keras agar dapat tetap eksis dalam kompetisi pasar serta mampu menghasilkan keuntungan/profit. Pengusaha yang kreatif tentunya akan tetap eksis dan mampu mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba agar bisnis bisa lebih berkembang.
 
Product Knowledge dan Penjual yang Mampu Mempengaruhi.
Penjual yang bertemu langsung dengan pembeli harus memiliki product knowledge yang sangat baik. Tanpa memiliki informasi yang cukup tentang sebuah produk maka penjual tidak akan mampu menjelaskan produk dengan benar. Ini berarti penjual tidak akan mampu mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk. Jika kepercayaan calon pembeli rendah terhadap penjual rendah maka kecil kemungkinannya untuk membeli. Namun sebaliknya jika calon pembeli percaya kepada penjual (karena penjelasannya dan kemampuannya untuk mempengaruhi), maka makin besar peluangnya untuk membeli. Jadi tim penjualan anda harus benar-benar dilatih untuk dapat melakukannya.
 
Display yang menarik
Rancang display/tampilan yang menarik agar setiap orang yang lewat melirik dan tertarik untuk mendekat. Selanjutnya, penjual lah yang akan sangat berperan untuk terjadinya sebuah transaksi. Anda dapat juga memasang foto orang yang sedang menggunakan aksesori atau memakai maneken sejenis patung dengan atribut aksesori yang anda jual. Dengan demikian calon pembeli akan bisa membayangkan jika mereka memakainya. Ganti foto dan aksesori pada maneken secara berkala agar terlihat dinamis. Sediakan pula cermin agar calon pembeli bisa melihat secara langsung saat mencoba aksesori yang anda jual.
 
Promosi dan Komunikasi
Sebaiknya Anda mengadakan promosi secara berkala agar calon pembeli lebih tertarik untuk datang dan membeli. Promosi akan mampu mendatangkan pembeli lebih banyak apabila dikomunikasikan dengan baik. Maksudnya, buatlah target market yang anda tuju benar-benar tahu kalau toko/stan anda sedang memiliki program promosi. Caranya, anda bisa membagikan brosur atau voucher potongan harga kepada orang yang lewat atau dengan memasang spanduk / banner d lokasi strategis yang biasa dilewati oleh target market.
 
Service Excellence and Customer Intimacy
Sebuah bisnis yang baik ditandai dengan pembeli loyal yang banyak dan pembeli baru yang selalu ada tiap hari. Pembeli yang loyal akan terbentuk apabila anda bisa memberikan Service Excellence (pelayanan yang sangat baik). Kedekatan penjual dan pembeli (biasanya disebut Customer Intimacy) akan mampu menciptakan suasana yang akrab sehingga pembeli merasa nyaman saat datang ke toko/stan penjualan anda. Dan yang paling penting bahwa pembeli yang loyal akan memberikan cerita yang positif bagi calon pembeli lainnya. Jadi ciptakan suasana yang menyenangkan bagi calon pembeli yang datang. Selamat mencoba dan semoga bisnis Anda makin baik.
 
(Djoko Kurniawan (konsultan marketing & service quality), artikel konsultasi tabloid peluang usaha November 2011.)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
Copyright © INFO LAPTOP COMPUTER MURAH KOMPUTER TERMURAH
powered By www.blogger.com